Dosis vaksin dengue perlu dipenuhi agar efektif miliki kekebalan DBD

Dosis vaksin dengue perlu dipenuhi agar efektif miliki kekebalan DBD

Dengue atau Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini dapat menyebabkan gejala ringan seperti demam, nyeri sendi, dan ruam kulit hingga gejala berat yang dapat mengancam nyawa.

Salah satu upaya pencegahan terhadap penyakit DBD adalah dengan memberikan vaksin dengue. Vaksin ini dapat membantu tubuh dalam memproduksi kekebalan terhadap virus dengue sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi yang serius. Namun, agar vaksin ini efektif, dosis yang diberikan perlu dipenuhi sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh tenaga medis.

Dosis vaksin dengue umumnya diberikan dalam dua atau tiga kali pemberian dengan selang waktu tertentu antara dosis pertama dan dosis berikutnya. Dengan pemenuhan dosis vaksin yang tepat, tubuh akan memiliki kekebalan yang cukup kuat untuk melawan virus dengue sehingga risiko terkena penyakit DBD dapat diminimalkan.

Selain itu, penting juga untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti sebagai upaya pencegahan tambahan terhadap penyakit DBD. Membersihkan tempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk, seperti genangan air dan sampah, serta menggunakan kelambu saat tidur juga dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit ini.

Dengan pemenuhan dosis vaksin dengue yang tepat dan upaya pencegahan lainnya, diharapkan dapat membantu mengurangi angka kasus DBD di Indonesia. Penting bagi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya vaksinasi dan menjaga kebersihan lingkungan demi kesehatan dan keselamatan bersama.